Pernahkah AC Anda mengalami kebocoran freon? Sehingga Anda perlu melakukan isi ulang freon AC. Apabila iya, maka Anda merasakan betapa kesalnya jika kebocoran tersebut terulang kembali, bahkan baru beberapa bulan diisi sudah bocor lagi.

Kadangkala kita merasa bingung ketika teknisi mengatakan bocor. Sebenarnya apakah benar mengalami kebocoran atau sebatas akal-akalan teknisi agar memperoleh tambahan uang dari mengisi freon.

Maka dari itu alangkah lebih baik jika kita mencari tahu penyebab dari bocornya freon AC.

melakukan isi ulang freon AC
youtube.com

Melakukan Isi Ulang Freon AC, Perlukah Itu?

Apabila ada teknisi yang menyampaikan bahwa freon AC perlu rutin diisi, terdapat kemungkinan teknisi tersebut kurang jujur. Karena sistem yang ada pada AC bersifat tertutup. Sehingga pada keadaan baik yang tidak terdapat masalah seharusnya freon tidak memerlukan pengisian kembali.

Seperti dengan AC mobil, prinsip kerja AC ini pun tidak berbeda. Jika sudah terbiasa digunakan maka tidak perlu merutinkan ke bengkel untuk mengisi freon. Hanya terkadang diperlukan satu kali di awal apabila panjang pipa tersebut diatas 10 meter.

Proses penguapan pada freon hanya ada kemungkinan namun itu juga sangat kecil. Terjadi apabila penggunaanya sudah diatas 5 tahun atau sudah cukup lama. Dengan begitu terdapat kemungkinan freon sudah menguap sedikit. Akan tetapi itu hanya mengurangi sebagian, tidak sampai habis terkuras. Apabila sampai habis banyak maka kemungkinan terjadi kebocoran pada sistem AC-nya.

Penyebab Freon Bocor

Anda perlu mengetahui penyebab kebocoran freon sebelum memutuskan untuk melakukan isi ulang freon AC Anda.

Bocor pada Pipa Luar

Kebocoran pipa ini bisa terjadi karena memakai pipa yang berbahan murah serta terlalu tipis. Pipa luar ini adalah pipa yang menghubungkan dengan indoor dan outdoor.

Pipa yang berusia lebih dari 10 tahun rentan untuk mengalami keretakan dikarenakan mudah berkarat. Selain itu ada pula yang menjual pipa dengan harga murah, bahannya bukan dari tembaga. Tembaga yang tidak murni akan mudah berkarat.

Terdapat kemungkinan terjadi kesalahan saat melakukan pemasangan, maka perlu kehati-hatian dalam memilih teknisi yang ahli. Kekeliruan saat pemasangan antara lain patah ketika menekuk pipa karena menggunakan pipa yang tipis atau kurang berhati-hati saat menekuk pipa.

Bocor Pipa Dalam

Beberapa kasus dengan pipa dalam mengalami kebocoran, seperti pada evaporator sifatnya akan berulang dan tidak bisa sembuh total.

Karena ketika evaporator bocor, artinya sudah terjadi korosi. Kebocoran akan merembes walaupun sudah dilakukan pengelasan. Evaporator dapat bocor karena pemakaiannya sudah terlampau lama. Sehingga daya tahannya sudah berkurang.

Perawatan cuci AC yang tidak rutin juga dapat mengakibatkan evaporator tertimbun debu dan mudah korosi. Tekanan freon yang terlalu tinggi juga bisa menjadi penyebab evaporator bocor. Tidak menutup kemungkinan jika ini harus membuat Anda melakukan isi ulang freon AC.

Bocor pada Sambungan atau Flaring

Kebocoran pada pipa sambungan akan lebih mudah perbaikannya. Kondisi pipa yang terlalu tipis menyebabkan teknisi kesulitan melakukan sambungan dengan benar sebab pipa mudah mengalami keretakan saat di flaring. Apabila sambungan kurang kencang sehingga flaring agak longgar juga menjadikan freon keluar.

Tanda Freon AC Bocor

Freon yang kurang atau sudah habis maka AC akan menjadi kurang dingin atau bahkan sama sekali tidak dingin.

Adanya gumpalan bunga es adalah tanda bahwa freon berkurang. Kadangkala bunga es yang mencair dan menetes dari evaporator hingga menyebabkan bocor pada indoor. Proses kondensasi mengakibatkan terbentuknya bunga es tersebut. Karena tekan freon rendah, maka teknisi akan mengerti bagian mana yang bocor.

Apabila Anda ingin melakukan isi ulang freon AC, konsultasikan dengan teknisi untuk menemukan masalah kebocoran AC Anda.