Sebagai masyarakat Indonesia yang hidup di daerah tropis, menggunakan AC merupakan hal yang lumayan penting. Banyak konsumen yang mengabaikan perawatan, terlebih Cuci AC. Walaupun terlihat sepele sebenarnya hal ini sangat penting untuk mencegah masalah atau kerusakan pada AC. Selain itu dengan melakukan perawatan yang konsisten bisa membuat Anda lebih hemat serta menjaga performa AC agar tidak menurun.

Ingin mencuci AC? Inilah Pentingnya Cuci Serta Waktu yang Sesuai
pinterest.com

Waktu yang Tepat untuk Cuci AC

Cuci AC sebaiknya dilakukan secara rutin baik dua atau tiga bulan untuk mencegah kerusakan.

Saat AC Lebih Panas dari Suhu

Jika Anda mengeluh suhu AC yang panas saatnya Anda melakukan pencucian AC. Biasanya Anda akan merasakan suhu AC yang seharusnya 18 atau 20 derajat tetapi terasa lebih panas dari biasanya. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan penggunanya.

Saat Mesin Kotor

Saat AC mengeluarkan partikel kotoran dan udara dingin, maka sudah saatnya pembersihan AC. AC yang kotor akan membuat udara pada ruangan menjadi kotor dan mengganggu pernapasan.

Saat Mesin Berbunyi Keras

Saat mesin AC berbunyi keras pada bagian mesin luar maupun dalam saatnya Anda memanggil service AC untuk memperbaikinya. Mungkin hal ini karenakan adanya kerusakan atau penyumbatan pada AC sehingga berbunyi keras. Biasanya service AC akan mencuci bagian AC.

Mengapa AC Harus Dibersihkan?

AC merupakan termasuk barang elektronik, jadi jelas membutuhkan perawatan untuk menjaga supaya kinerjanya tetap baik. Anda harus membersihkan AC setiap 3 bulan sekali maka dari itu Anda butuh bantuan dari ahli. Berikut ini alasan mengapa harus melakukan pembersihan dan Cuci AC secara rutin.

Memperlancar Sirkulasi Udara

Banyak orang sering menganggap sepele dalam membersihkan AC ternyata ini bisa mempengaruhi kesehatan. Jika Anda jarang membersihkan AC udara yang keluar mengandung banyak bakteri dan kotoran. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan pernafasan serta kegiatan Anda. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu karena pendingin ruang yang digunakan kotor serta udara tidak sehat.

AC bekerja dengan cara menghirup udara yang ada di ruangan kemudian mengeluarkannya kembali dalam kondisi lebih bersih. AC terdapat proses penyaringan, debu yang masuk akan tersaring menggunakan filter. Jika debu pada filter sudah menumpuk sirkulasi udara akan terhambat, hal ini membuat AC bekerja lebih keras.

Agar Lebih Awet

Pembersihan AC secara rutin relatif lebih awet daripada AC yang jarang dibersihkan. Mesin tidak akan terbebani dengan debu sehingga performa AC lebih optimal. Dengan melakukan pembersihan secara rutin Anda bisa mengerti adanya tanda kerusakan sebelum parah dan merajalela. Pastinya hal ini bisa menghemat pengeluaran perbaikan.

Mengembalikan Performa AC

Semakin lama terpakai performa akan mengalami penurunan. Hal yang menyebabkan performa menurun salah satunya adalah penumpukan debu dan kotoran pada filter. Tetapi jika Anda rutin membersihkan AC maka performanya akan terjaga. Jika Anda merasa performa AC bekerja tidak maksimal, coba bersihkan bagian filter untuk mendapatkan kembali performanya sehingga lebih optimal bekerja.

Mengurangi Biaya Listrik

Apa Anda tahu jika AC mengalami terganggu bisa mempengaruhi tagihan listrik? Jika Anda mendapatkan tagihan listrik melambung padahal penggunaan AC normal, itu artinya ada yang tidak beres. Dengan membersihkan AC secara rutin serta memberi perawatan bisa membantu Anda terhindar dari masalah tersebut.

Seperti yang kita ketahui merawat AC merupakan bagian penting, salah satunya membersihkan AC. Walaupun terdengar sepele, mencuci AC memberi banyak manfaat salah satunya sebagai penghematan. AC menjadi lebih awet bahkan listrik lebih irit.